Pentingnya UPS untuk PC  

Posted by HermansyaH


Dalam posting kali ini, saya akan memberi informasi tentang hardware dalam hal ini adalah UPS. Oke,,, mari kita bahas...

UPS adalah singkatan dari "Uninteruptable Power System". Fungsinya yaitu sebagai penyetabil tegangan listrik serta menampung daya listrik saat listrik padam. Saat ini pemadaman listrik sering terjadi terutama wilayah Indonesia. Pemadaman listrik juga dapat berpengaruh pada kinerja suatu perangkat elektronik khusunya Personal Computer. PC yang sering 'tertangkap basah' sedang menyala lalu mati mendadak karena listrik padam akan 5X lebih cepat umur tutup usianya di banding yang tidak pernah kena listrik padam.

PC yang sering terkena listrik padam akan terkena dampak beberapa hal berikut :

  • Bad Sector Pada Harddisk
  • Kerusakan PowerSupply
  • OS Corrupt
  • Hilangnya sebagian data file.
  • Mati lampu yang terlalu sering dapat menyebabkan motherboard dan seluruh komponen bad sector dan harus ganti yang baru.

Nah,,, melihat masalah yang akan timbul dari listrik padam akhirnya Q punya pendapat UPS akan menjadi barang Primary dari sebuah perangkat komputer. UPS sering diabaikan oleh pembelinya karena selisih harga yg lumayan, selain itu tanpa UPS komputer juga bisa 'jalan'. Tapi jika di tinjau lagi, selisih harga 300rb - 2jt (harga UPS rata-rata) sebanding dengan keamanan yg di timbulkan oleh UPS ini. Bayangkan jika suatu saat PC anda rusak gara-gara listrik padam, dan terpaksa harus kehilangan data dan harus beli komputer lagi?? brpa kerugiannya dari pada membeli UPS seharga 400rb-an???


Demi keamanan data dan hardware ada baiknya kira memasang UPS pada PC kita. UPS bisa tahan 10 menit - 1 jam tergantung kualitasnya. Mengenai kualitas Q kurang tau,,,, ( Q pke PROLINK 700 tahan 20-30 menit). Tapi paling tidak dari 10 menit itu minimal kita bisa menyimpan data kita, lalu mematikan PC sesuai prosedur sehingga kerusakan bisa di perkecil.

Mungkin itu saja pengalaman dari saya...

Semoga Bermanfaat

^_^ Herman

This entry was posted on Sabtu, 24 April 2010 at 00.01 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar

PERHATIAN

Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.

http://uchihaherman.blogspot.com/

Menurut anda blog saya seperti apa...?